Georges St Pierre: Aku tidak akan kembali ke UFC sampai masalah doping itu selesai

Georges St Pierre: Aku tidak akan kembali ke UFC sampai masalah doping itu selesai
MMA, UFC - Paribasha -- Bagi para penggemar olahraga seni beladiri campuran pasti sudah tidak asing lagi dengan nama Georges St Pierre yang sering dijuluki GSP ini. Dia adalah petarung yang berhasil memenangkan dan mempertahankan gelar Welterweight dua musim berturut - turut.

Tapi taukah Anda para pembaca setia Paribasha bahwa GSP kini sudah keluar dari manajemen UFC sejak kemenangnya melawan Johny Hendricks tahun lalu di UFC 167 dengan kemenangan split decision.

Ada beberapa gosip yang beredar bahwa UFC membantu keputusan kemenangannya atas Johny Hendricks karena GSP sangat vokal akan kampanyenya anti-doping, dia mengkampanyekan pertarungan yang bersih karena prestasinya itu UFC membatunya pada akhir penentuan.

Berikut Paribasha mengutip wawancara yang dilakukan oleh Bloddy Elbow terhadap Georges St Pierre melalui e-mail :

BE: Ada beberapa pertanyaan yang bertemakan "bagaimana jika?" , pertama - tama selama beberapa tahun belakangan ini yang paling sering dibahas dalam dunia MMA adalah jika pertarungan GSP dengan Anderson Silva terjadi, tetapi Anda kini sudah keluar dari UFC sedangkan Anderson sepertinya sudah dalam batas akhir karirnya. Jika menengok kembali kemasa lalu dan melihat situasi sekarang apakah Anda berharap pertarungan itu terjadi?

GSP: Ada perbedaan yang sangat berat saat melangkah ke octagon, itu adalah masalah yang signifikan, dan kami selalu sibuk dengan divisi kami masing - masing selama bertahun - tahun. Jadi sangat sulit untuk menentukan waktu yang tepat untuk mewujudkannya.

BE: Dalam wawancara dengan beberapa eksekutif dari Showtime dan Strikeforce di waktu yang lalu, ada penawaran yang cukup besar di atas meja ketika Anda sudah menjadi agen yang bebas selama waktu promosi sebagai entitas yang independen.

Mengingat Anda adalah sosok yang langka, apakah Anda menyesal karena Anda tidak dapat menguji pasar sebagai agen yang bebas? Sebut saja pada 'cermin' yang dekat yaitu antara boxing dengan standar MMA, dalam artian jutaan dolar dalam jaminan serta 50% potongan terhadap varians harga pembelian.

Apa itu sangat menyesak? Atau Andas merasa bahwa Anda terlalu dilebih - lebihkan dibandingkan yang lain sewaktu Anda di UFC?

GSP: Saya tidak bisa mengubah masa lalu dalam konteks saya berjuang di profesional MMA. Saya merasa bahwa saya sangat berkontribusi sekali terhadap olahraga ini.

Dan saya juga merasa tidak enak hati terhadap para petarung yang sama telah mengorbankan dirinya seperti diriku selama bertahun - tahun dan diakhiri dengan masih tidak memiliki banyak uang yang terdapat di dompetnya.

BE: Kita tahu Anda sangat vokal terhadap kampanye anti-doping di UFC, bintang UFC lainnya Mark Bocek baru saja memilih pensiun dan berkata bahwa tidak ingin lagi menlanjutkan dengan para petarung yang menggunakan doping.

Dan itu sangat mempengaruhi petarung lainnya serta kesiapan mereka untuk bertarung. Kita tahu VADA jatuh di sisi Hendrick di laga terakhir, tapi kelihatannya Anda ingin maju kedepan masuk untuk menghadapi si 'tinju berat' sekali lagi.

Apakah Anda ingi kembali ke UFC, jika pertimbangan diberlakukan sebelum bertanding atas diri Anda dan lawa Anda yaitu pengawasan yang lebih diperketat melalui asosiasi VADA atau USADA?

GSP: Saya tidak pernah mau untuk bertarung lagi jika saya dan lawan saya sudah diuji doping oleh asosiasi anti-doping yang kredibel seperti VADA atau USADA dibawah naungan WADA (World Anti-Doping Association)

BE: Apa pendapat Anda tentang Vitor Belfort yang diberi julukan 'tembakan' meskipun dia gagal lolos uji penggunaan doping yang membuat dia gagal memperoleh julukan tersebut?

GSP: Saya suka Vitor sebagai teman latihan. Semua orang tahu kiprah saya dalam kampanye anti-doping tapi saya tidak mau mengomentari layak atau tidaknya mendapatkan titel 'tembakan', jika ia memperolehnya dengan serangkaian usaha dan penilaian khusus, maka saya turut senang.

BE: Nama Anda selalu muncul tatkala petarung lain ditanya mengenai ide untuk membuat asosiasi serikat petarung jawaban mereka seperti mengarah "saya akan memilih GSP sebagai pemimpin".

Apakah ada tekanan diluar sana oleh orang - orang yang terusik oleh gagasan Anda, dan apakah Anda merasa bahwa Anda mampu untuk merangkul yang lainnya dalam upaya mengatur masa depan meraka mengingat jika itu benar terjadi maka tujuan besar Anda akan terujud dan petarungan yang bersih benar - benar akan terlaksana?

GSP: Saya tidak mengetahui adanya asosiasi atlet profesional yang tidak meningkatkan kinerja dan gaji bagi para anggotanya. Saya percaya suatu hari hal itu akan terjadi bukan karena keadaanya sekarang, tetapi itu bagian dari evolusi normal dari semua olahraga profesional.

Saya bukan seorang politisi dan semua orang tahu saya orangnya tidak suka konfrontatif yang suka berada di depan, jadi saya rasa saya sulit memiliki inisiatif menjadi pemimpin. Tetapi aku tidak akan pernah mau melawan sesuatu yang baik bagi para petarung.

BE: Pertanyaan terakhir. Apa yang Anda lihat dari segi tren positif di UFC dan MMA secara keseluruhan? dan sebaliknya apa tren negatifnya?

GSP: Positif, bakat dan kemampuan petarung yang baru masuk ke olahraga tersebut memiliki bakat yang sangat menakjubkan.

Negatif, penggunaan doping dalam olahraga. Seorang seniman beladiri sejati harus menghormati lawannya serta bertarung yang bersih.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Georges St Pierre: Aku tidak akan kembali ke UFC sampai masalah doping itu selesai"

Posting Komentar